Tips Merawat Komputer Agar Tetap Awet

Hasil gambar untuk cara merawat komputer

Merawat komputer agar tetap awet merupakan keharusan sendiri sebagai pengguna komputer. karena komputer sekarang sudah menjadi asset penting di zaman teknologi ini. Untuk itu, kami disini akan memberikan tips supaya komputer anda tetap awet dan pasti nya tahan lama bisa digunakan untuk bertahun tahun.

Dalam merawat komputer harus diperhatikan mulai dari Hardware dan Software nya. maka dari itu, setiap sebulan sekali kita harus maintenance hardware dan software nya. Untuk hardware sendiri cukup dengan membersikan di setiap perangkat nya lalu pada software anda bisa dengan mengupdate software yang lama menjadi yang terbaru Berikut Beberapa cara Merawat Komputer

Bersihkan monitor dari debu secara berkala

Membersikan monitor adalah hal yang paling penting pada hardware, setidaknya 6 bulan sekali ini dilakukkan secara berkala. dengan hal ini dapat meminimalisir komputer anda dari kerusakan. Cara nya sangat simpel dan sederhana, cukup dengan membersikan setiap bagian komponen komputer anda mulai dari RAM , modem, CDR/CDRW/DVDRW, sound card, video card, dan TV tuner.

Jangan pernah meletakkan speaker active terlalu dekat dengan monitor

Mengapa anda dilarang meletakkan speaker active dekat dengan monitor? Hal ini dikarenakan terdapat medan magnet yang ada pada speaker tersebut dapat mempengaruhi monitor. yang mana pada warna monitor nanti menjadi belang belang atau tidak rata.

Tidak mengecash Batrai saat menggunakan komputer

Dengan cara ini dapat meminimalisir komputer anda agar tidak cepat rusak. Karena dengan mengecash batrai sambil menggunakan komputer dapat menyebabkan batrai menjadi ngedrop alias cepet habis batrai nya. dan menyebabkan batrai anda menjadi soak.

Jangan langsung menutup laptop jika panas

Mengapa demikian? hal ini dikarenakan LCD laptop anda dapat terbakar, nah tanda tanda nya yaitu pada lcd komputer anda terdapat warna kehitam hitaman yang akibat dari bersentuhan langsung dengan touch mouse anda.

Lakukkan Backup Data secara berkala.

Melakukkan backup data yaitu dengan mencadangkan data anda sekarang, hal ini diperlukan jika hard disk anda mengalami masalah atau terkena virus. Dengan menggunakan 2 drive yg terpisah secara fisik (bukan hanya berbeda partisi dalam drive fisik yg sama) seperti hard drive external, cd-rw, zip disk, dll

Menghapus setiap program yang tidak berguna

Dengan cara ini dapat meminimalisir penggunaan RAM anda, karena setiap program yang dijalan kan memerlukkan ram, maka dari itu. semakin banyak program yang dijalankan maka semakin banyak pula kapasitas ram yang diperlukkan. Dan effect nya nanti komputer anda menjadi lambat, serta komputer anda menjadi lebih berat dan pada akhirnya komputer anda menjadi rusak atau komponen komputer anda menjadi cepat rusak.

Lakukkan pemeriksaan komputer anda menggunakan antivirus terbaik

Gunakan antivirus secara teratur dapat mencegah komputer anda dari virus yang berbahaya, yang dapat merusak komputer anda pada komponen hardware atau pun software anda. Antivirus sangat berguna sekali untuk mencegah komputer anda dari virus, sehingga sering lah menggunakan antivirus supaya komputer anda tetap terjaga.




BeeHappy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Pasukan Indonesia